image_pdfimage_print

Test of English Proficiency (TOEP)

Test of English Proficiency, yang disingkat TOEP, adalah tes kemahiran berbahasa Inggris, yang diselenggarakan dengan sistem online. Tes ini mengukur tingkat kemampuan berbahasa Inggris, utamanya kemampuan memahami isi teks lisan dan tertulis, baik yang tersirat maupun yang tersurat.

Dengan sistem online ini, semua soal disajikan lewat layar monitor dan dikerjakan langsung pada layar tersebut dengan mengikuti perintah lisan yang diperdengarkan lewat headphone dan/atau perintah tertulis yang tersaji dalam layar. Jadi, dalam mengerjakan tes ini peserta bersandar sepenuhnya pada kerja perangkat peralatan elektronik yang telah tersedia di meja tes. Oleh sebab itu, peserta tidak perlu membawa alat tulis apapun untuk mengerjakan tes; bahkan dilarang membawa alat apapun ke meja/tempat duduk tes agar konsentrasi tidak terganggu.

Untuk dapat mengikuti tes online ini, peserta harus memiliki keterampilan komunikasi maya, yang terdiri atas: (1) keterampilan dasar mengoperasikan komputer; (2) keterampilan mengakses informasi sesuai dengan prosedur teknis jaringan; dan (3) keterampilan memberikan jawaban terhadap pertanyaan dengan teknik jaringan sesuai dengan perintah. Terkait dengan hal ini, agar mengenali cara kerja tes online ini, para peserta diwajibkan mengikuti paket Tutorial dan mengerjakan Dummy Test (contoh soal) sebelum mengerjakan paket soal.

Paket soal TOEP terdiri atas dua bagian: Listening (50 butir soal) dan Reading (50 butir soal). Bagian tes Listening berlangsung selama 45-50 menit dan Reading selama 60 menit. Jadi keseluruhan waktu tes berkisar 105-110 menit. Tidak ada istirahat atau jeda antara kedua bagian tes tersebut.

Soal-soal Listening hanya disajikan sekali (tidak diulang). Maka ketika peserta telah pindah ke nomor soal berikutnya, dia tidak dapat kembali ke soal sebelumnya. Jadi perbaikan jawaban tidak mungkin dilakukan. Sebaliknya, dalam mengerjakan soal-soal Reading, peserta dapat kembali ke soal-soal sebelumnya dalam waktu yang masih tersedia. Maka, perbaikan jawaban soal yang pernah dikerjakan dapat dilakukan jika dikehendaki.

Skor masing-masing peserta akan muncul di layar monitor. Skor yang muncul sama dengan jumlah jawaban yang benar; jadi, tidak ada penalti (pengurangan) untuk jawaban yang salah. Oleh sebab itu, peserta seyogyanya menjawab semua soal.

Tes Kemampuan Dasar Akademik

Tes Kemampuan Dasar Akademik yang selanjutnya disebut tes TKDA merupakan tes yang dilakukan secara online untuk mengukur potensi akademik peserta tes untuk berbagai keperluan di Indonesia. Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan TKDA, para peserta wajib memahami dan menjalankan prosedur operasi standar (POS). Tes TKDA terdiri atas 130 butir soal dengan alokasi waktu 90 menit. Distribusi waktu sebagai berikut:
 

Nomor

Kategori

Kelompok Soal

Jumlah Soal

Waktu

1

Verbal Analogy

20

8

2

Logical Reasoning

20

13

3

Analytical Reasoning

15

16

4

Numerical Aritmethic

15

13

5

Number Series

15

9

6

Word Problem

15

14

7

Figural Figure Analysis dan Sinthesis

15

8

8

Spatial Reasoning

15

9

Total

130

30